7 Cara Memperbaiki Resleting Jacket yang Rusak

Berikut adalah Tips dan Tricks Bagaimana Cara Membetulkan Resleting pada Jacket & Tas yang Rusak

Lumaskan ritsleting dengan grafit. Jika ritsleting tidak mau bergerak, mengoleskan pelumas bisa membuatnya bergerak kembali! Grafit yang ada dalam pensil nomor 2 mengandung minyak alami. Menggosokkan atau menggoreskan grafit pada gigi ritsleting akan melumaskan jalur ritsleting tersebut.

  • Gerakkan pensil ke atas dan ke bawah pada gigi ritsleting, atau gerakkan hanya pada bagian gigi yang membuat ritsleting macet.
  • Gerakkan kepala ritsleting ke atas dan ke bawah hingga bisa bergerak lancar di sepanjang jalur gigi ritsleting.
Oleskan sabun jika dibutuhkan. Jika grafit tidak berhasil, oleskan sabun cuci pada ritsleting yang macet. Tuangkan sedkit sabun cuci ke dalam piring kecil, tuangkan sedikit air ke dalam piring lain, dan siapkan beberapa bola kapas.

  • Oleskan sebuah bola kapas dengan sabun cuci lalu celupkan ke piring berisi air untuk melarutkan sabun cuci.
  • Gunakan bola kapas basah tersebut untuk dioleskan pada gigi ritsleting.
  • Oleskan bola kapas pada ritsleting dan cobalah untuk membuka ritsleting pelan-pelan—ritsleting tersebut mungkin hanya bergerak sedikit! Jika ritsleting tidak mau bergerak lebih jauh, kembalikan kepala ritsleting ke posisi semula. Ulangi langkah ini hingga ritsleting menjadi lancar.

Cucilah ritsleting dan oleskan kembali pelumas jika diperlukan. Setelah mengoleskan pelumas, tutuplah ritsleting. Cucilah ritsleting seperti biasa. Jika ritsleting macet lagi, oleskan kembali pelumas, tutuplah ritsleting, dan cuci kembali.

 Kurangi tekanan pada ritsleting. Jika dompet, tas punggung, atau ransel penuh dengan benda, tekanan tambahan pada ritsleting bisa menyebabkan giginya renggang. Jika ritsleting terpisah pada pakaian atau sepatu, ini seringkali menjadi tanda kalau pakaian atau sepatu terlalu kecil ukurannya.

  • Kurangi jumlah barang dalam tas. Keluarkan isi dompet, tinggalkan beberapa buku di rumah atau ditenteng saja, atau pindahkan sebagian barang pada ransel lain. Jika isi tas sudah dikurangi, ritsleting bisa bergerak lancar.
  • Jika Anda mencoba pakaian baru di toko, beliah yang ukurannya satu tingkat di atasnya. Jika ada pakaian dengan ritsleting terpisah di lemari, besarkan ukuran pakaian tersebut
Hilangkan kotoran yang menumpuk dari gigi ritsleting. Jika ada kotoran yang menumpuk pada gigi ritsleting, maka ritsleting tidak bisa ditutup. Campurkan air dan sabun di piring kecil, aduk hingga timbul busa. Basahi lap bersih dengan air sabun tersebut dan sekalah gigi ritsleting. Ambil lap bersih dan basahi di bawah air mengalir. Sekalah air sabun pada gigi ritsleting dengan lap lembap tersebut. Cobalah untuk menutup dan membuka ritsleting seperti biasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *