Daki gunung, tapi gak punya jaket bagus? Ini dia tipsnya!

Bagi anda yang gemar mendaki gunung atau hiking, mungkin memiliki sederetan task yang harus dipenuhi, bukan? Seperti menyiapkan perlengkapan kemah, pakaian dan bekal selama diperjalanan.

Berbicara tentang pakaian yang hendak dikenakan saat hiking, bagi sebagian orang penyuka mode, mungkin ini bisa menjadi kasus penting. Tak hanya soal menikmati alam, bahkan gaya berpakaian juga turut dipertimbangkan oleh mereka.

Jaket yang sifatnya sebagai pelindung tubuh saat cuaca ekstrim yang akan dilalui para pendaki gunung, kini desain jaket juga dipertimbangkan bagi sebagian orang.

Pada dasarnya, jaket outdoor memiliki fungsi yang sama yakni untuk melapisi tubuh saat cuaca dingin, dari berbagai bahan yang ada, Jaket berbahan sintetik lah yang paling cocok digunakan untuk mendaki gunung. Mengapa demikian? Jaket berbahan sintetik selain tidak terlalu berat di badan, jaket ini juga akan cepat kering bila terkena air.

Mungkin sebagian besar orang berpikir bahwa mendaki gunung itu cocoknya mengenakan jaket berbahan tebal seperti wool atau cotton, atau bahkan sweater. tapi mengenakan jaket berbahan seperti itu akan mudah lembab bila anda gunakan selama perjalanan mendaki gunung. Keringat yang mengucur di sekujur tubuh akan menyerap ke pori-pori jaket yang akan membuat jaket tersebut akan basah dan lembab.

Untuk itu, sangat dianjurkan bila sedang hiking, gunakan jaket berbahan taslan, yakni jaket atau coat yang berbahan hampir serupa seperti coat jas hujan atau jaket anti air,

Namun jangan salah kira, material taslan ini jauh lebih lembut dan nyaman dikenakan daripada material parasut. Lalu jaket hiking berbahan taslan juga lebih tahan dari angin dan cuaca dingin daripada jaket parasut.

Menentukan desain dan warna jaket, pentingkah?

Bagi anda yang masih bingung menentukan jaket hiking seperti apa, cobalah mencari jaket yang berhoodie dan mempunyai banyak kantung, hal tersebut dapat membantu anda selama berdaki. Lalu jaket hiking multiguna juga dirasa sangat membantu anda dalam kondisi tertentu.

Selain desain jaket untuk menunjang kegiatan anda dalam berdaki, warna jaket hiking juga ada baiknya dipertimbangkan. Seperti gunakanlah warna yang mencolok dan nyentrik, karena itu bertujuan agar rekan hikers anda bisa mengenali anda dengan mudah, hindari jaket berwarna gelap atau serupa dengan alam, seperti hijau lumut.

Selain itu, carilah jaket hiking yang berukuran lebih daripada badan anda sendiri, karena bila anda sudah sampai diketinggian tertentu, anda akan membutuhkan banyak oksigen. dan jaket berukuran pas akan membuat anda sesak nafas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *